081229136836 | Jasa Pembuatan RPP, Silabus, dan Promes

 

jasa pembuatan rpp, silabus, promes

Jasa Pembuatan RPP, Silabus,dan Promes


Cahayacontentwriter.com - Jasa pembuatan RPP, Silabus, Promes sesuai ketentuan pemerintah sangat jarang ditemukan. Namun pada penjelasan kali ini akan ditemukan dimana tempatnya dan cara menghubunginya. Seorang guru tentunya harus memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap, terdiri dari RPP (Rencana Pelaksanaan Pelajaran), silabus, promes (program semester), prota (program tahunan) dan masih banyak lagi yang lainnya. Sekarang sudah hadir jasa pembuatan RPP, Silabus, Promes.

Tujuannya agar bisa memudahkan pekerjaan Anda sebagai guru dalam membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan pemerintah. Mengingat bahwa tidak semuanya bisa membuat RPP, Silabus, Promes atau Prota yang baik.

Pengertian RPP, Silabus dan Promes

Sebelum membahas lebih jauh, mari merecall kembali ingatan tentang pengertian RPP, Silabus dan Promes yang mungkin beberapa dari Anda sudah pernah membuatnya, namun belum sepenuhnya memahami pengertiannya.

1. RPP

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, artinya adalah rencana yang secara keseluruhan menggambarkan prosedur atau pengorganisasian pembelajaran dengan tujuan mencapai suatu kompetensi dasar.

Kompetensi dasar tersebut ditetapkan dalam Standar Isi yang nantinya akan dijabarkan oleh Silabus. Lingkup RPP sendiri paling luas mencakup 1 kompetensi dasar dengan 1 indikator dengan jumlah 1 pertemuan atau bisa juga lebih.

RPP pada hakekatnya adalah perencanaan jangka pendek atau tahunan untuk melakukan proyeksi dan perkiraan terkait apa yang harus dilakukan dalam proses belajar mengajar. 

Berdasarkan pengertian tersebut, RPP adalah upaya untuk memperkirakan tindakan yang harus dilakukan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, status RPP sangatlah penting karena sebagai perencanaan pengajaran dan sebagai operasionalisasi dari kurikulum yang berlaku. 

Belakangan ini, pemerintah ingin mencoba memperkenalkan Kurikulum Merdeka yang tentunya berbeda dengan tahun lalu.

2. Silabus

Jasa pembuatan RPP, Silabus, Promes memang sangat banyak. Namun, jarang yang mengerjakannya secara baik dan benar, khususnya di bagian Silabus ini. Pengertiannya sendiri adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema khusus.

Silabus mencakup tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu, indikator, sumber belajar atau alat dan penilaian. Bisa dibilang, Silabus ini adalah penjabaran lebih rinci dari RPP yang sudah digunakan.

3. Promes

Promes adalah singkatan dari Program Semester yang mana semester sendiri adalah satuan waktu yang digunakan dalam penyelenggaraan pendidikan. Jika di Indonesia, satu semester adalah 6 bulan.

Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam semester tersebut adalah kegiatan tatap muka, kerja lapangan, Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) dan berbagai kegiatan lainnya.

Semua itu akan dijabarkan dalam Promes lengkap dengan penilaian keberhasilan. Promes harus dibuat secara rinci dan terstruktur yang mana guru mengajar dalam kurun waktu 19 minggu kerja. Sudah termasuk ujian dan penyelenggaran tatap muka secara keseluruhan.

Jadi itu dia pengertian dari perangkat pembelajaran yang dimiliki oleh guru. Beberapa memang merasa kesulitan dalam membuatnya. Oleh karena itu, tak jarang yang mencari jasa pembuatan RPP, Silabus, Promes dan tinggal terima beresnya saja.

jasa pembuatan RPP


Hubungan Antara RPP, Silabus dan Promes

Sebenarnya, penjelasan di atas sudah secara singkat menyinggung tentang hubungan antar ketiga perangkat pembelajaran ini. Namun agar lebih jelasnya, Anda bisa melihat beberapa poin di bawah ini:

1.     RPP

RPP sebagai sarana persiapan yang harus dilakukan guru sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Persiapan tersebut mencakup mental, situasi emosional yang coba dibangun, lingkungan belajar yang produktif termasuk meyakinkan siswa agar terlibat secara penuh.

RPP berisikan tentang penggalan kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam setiap pertemuannya. Pada RPP juga harus terlihat jelas tindakan apa yang harus dilakukan agar mencapai beberapa Kompetensi Dasar (KD).

Secara singkat, isi dari RPP adalah Kompetensi Dasar dari kurikulum, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, langkah-langkah dalam pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan akhir.

2.     Silabus

Silabus merupakan penjabaran yang lebih rinci dari sebuah RPP yang mana memuat Kompetensi Dasar, materi apa yang harus disampaikan dalam kegiatan pendahuluan, inti dan akhir dalam RPP, kegiatan siswa, indikator, jenis penilaian serta sumber bahan atau alat.

Silabus memberikan perhatian khusus kepada kegiatan pembelajaran yang lebih ringkas dan singkat dari yang disebutkan di RPP, sehingga Silabus sering menjadi pegangan guru ketika di kelas.

Jika RPP memuat beberapa Kompetensi Dasar dengan kegiatan persiapan, inti dan akhir. Silabus memuat penjabaran masing-masing dari Kompetensi Dasar yang sudah disebutkan di RPP untuk dicari tahu materinya, kegiatan, penilaian, indikator dan alat belajar.

3.     Promes

Program Semester atau Promes adalah penjabaran dari Program Tahunan yang memuat detail kegiatan dan disesuaikan dengan alokasi waktu yang telah ditentukan.

Misalkan, dalam RPP disebutkan KD 1.1 Siswa memahami teks lisan dan tulis informasi, 1.2. Siswa memahami berbagai jenis teks lisan dan tulis informasi dan 1.3 siswa memahami produk teks lisan dan tulis.

Lengkap dengan langkah persiapan mengucapkan salam, inti menjelaskan materi dan akhir pembelajaran berupa pengayaan.

Silabus, menjelaskan materi pembelajaran apa yang harus disampaikan untuk KD 1.1, kegiatan, indikator untuk mencapai tujuan, penilaian dan sumber alatnya. Begitupun dengan KD 1.2, 1.3 dan seterusnya. Biasanya satu KD, satu baris kolom.

Promes, menjabarkan bahwa kegiatan pembelajaran yang sudah disebutkan dalam Silabus per KD dicapai selama berapa Jam Pelajaran (JP), bulan apa dan di semester berapa.

Bagaimana apakah Anda masih bingung hubungan antar ketiganya dan berniat ingin membayar jasa pembuatan RPP, Silabus, Promes saja agar tidak ribet memikirkannya? Anda hanya tinggal eksekusi saja apa yang ditulis dari beberapa perangkat pembelajaran tersebut.

baca juga: joki tugas kuliah

Jasa Pembuatan RPP, Silabus, Promes Sesuai Ketentuan Pemerintah

Membuat perangkat pembelajaran memang kegiatan yang cukup melelahkan bagi seorang guru di awal tahun ajaran. Mengingat banyaknya hal yang harus ditulis, belum lagi jika kehabisan ide untuk materi apa yang akan diberikan dan bagaimana cara menumbuhkan keaktifan siswa di dalam kelas.

baca juga: jasa review buku harga terjangkau

Terkadang, RPP, Silabus dan Promes yang dibuat juga kurang sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini membuat Kepala Sekolah meminta revisi hingga perangkat pembelajaran tersebut bisa benar-benar diterapkan.

Lebih baik, sekarang Anda menggunakan Cahaya Content sebagai jasa pembuatan RPP, Silabus, Promes. Jangan khawatir, Cahaya Content berpatokan dengan kurikulum yang berlaku secara nasional. Jadi Anda tidak akan kena revisi oleh Kepala Sekolah.

baca juga: jasa pembuatan daftar pustaka

Pengerjaannya dilakukan oleh seseorang yang ahli atau expert di bidangnya. Masing-masing memiliki teknik khusus dalam membuat RPP, Silabus, Promes hingga Prota sehingga tidak akan salah dan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk terlibat aktif seperti yang Anda inginkan.

Pun jika ingin membuat RPP satu lembar, Cahaya Content sangat siap melayani untuk semua mata pelajaran. Anda bisa memeriksanya terlebih dahulu jika ada kesalahan yang dibuat. Namun mayoritas klien sangat puas dengan hasil kerja di Cahaya Content.

Jasa pembuatan RPP, Silabus, Promes sesuai ketentuan pemerintah? Jawabannya ya hanya di Cahaya Content, tidak ada solusi yang lainnya. Silahkan hubungi admin yang nomornya sudah tertera di Cahaya Content. Kalau ada yang mudah mengapa harus mempersulit diri? Segera hubungi ya! 

kontak Jasa Pembuatan RPP,Silabus,Promes

WA: 081229136836

Email: cahayacontentwriter@gmail.com

Web: www.cahaycontentwriter.com

Next Post Previous Post