Hal Penting Dalam Pembuatan Makalah

 

Hal Penting Dalam Pembuatan Makalah

Hal Penting Dalam Pembuatan Makalah

 

Anda sering membuat makalah? Sudah hafal struktur makalah yang baik? Tunggu dulu, makalah anda sudah memenuhi standar penulisan makalah dibawah ini atau belum?

 

Memang dalam pembuatan makalah tidak asal ketik dan langsung print. Anda perlu memperhatikan hal berikut ini untuk menentukan makalah anda sudah baik atau belum. Jika belum memenuhi standar penulisan makalah dibawah ini, maka anda perlu mengulang lagi dan mulailah menulis makalah dengan pengaturan standar yang kami berikan.

 

Benar jika makalah yang anda tugasi dari dosen atau guru anda memiliki standarnya sendiri. Namun kami akan membaerikan informasi umum seputan pembuatan makalah yang perlu anda ketahui. Maka dari itu simak penjelasan berikut ini.

 

makalah

Pembuatan makalah pada microsoft word

Pada zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini, pembuatan makalah tidak lagi membutuhkan mesin ketik. Pembuatan makalah bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi yang canggih seperti komputer yang sudah terinstal microsoft office yang lebih praktis dibandingkan dengan mesin ketik pada zaman dahulu. Hal-hal yang perlu kalian perhatikan dalam membuat makalah pada microsoft office lebih tepatnya pada word adalah sebagai berikut:

·        Atur jenis font dan ukuranya

Sebelum anda mulai mengetik, alangkah baiknya anda cek terlebih dahulu jenis font yang digunakan. Dalam pembuatan makalah gunakanlah jenis font Times New Roman. Ingat, bukan menggunakan jenis font calibri maupun arial. Times new roman merupakan font standar untuk membuat makalah. Selain jenis font, anda juga harus memperhatikan ukuran font makalah. Standarnya adalah menggunakan ukuran 11 ataupun 12 juga bisa. Langkah awal ini harus kalian atur terlebih dahulu untuk meminimalisir lupa sebelum di printout.

Cara merubah font yaitu dengan masuk pada menu Home lalu ubah jenis font dan ukurannya.

·        Atur warna huruf

Makalah yang anda buat merupakan bersifat formal dan bukan tulisan yang berisi cerita. Jadi gunakanlah warna font dasar saja yaitu warna hitam. Jika diperlukan warna untuk mengoreksi makalah maka bisa anda gunakan warna yang berbeda seperti warna merah atau yang lainnya. Ingat, marna lain di gunakan hanya untuk mengoreksi saja. jangan digunakan untuk warna dasar makalah kalian.

·        Ukuran kertas

Perlu anda perhatikan selanjutnya adalah ukuran kertas yang anda gunakan. Kartas yang digunakan untuk menulis artikel adalah dengan menggunakan ukuran kertas A3. Ukuran kertas A3 merupakan standarnya dalam membuat makalah. Selebihnya itu dapat anda gunakan untuk membuat tulisan selain makalah.

·    Atur penomoran pada halaman

Untuk memudahkan pembaca menemukan sesuatu yang dicari pada makalah anda, maka jangan lupa memberikan nomor halaman yang bisa diatur melalui word dengan mudah. Dengan terdapatnya penomoran pada makalah anda maka akan mempermudah pembaca untuk mencari dan jika diperlukan pertanyaan, anda juga dapat menemukannya dengan cepat. Tidak perlu kesusahan mencari dari lembar perlembar makalah anda. Penempatan nomor pada makalah bisa anda pilih. Terdapat 3 posisi penomoran yaitu kiri, kanan, ataupun tengah. Letaknya pun bisa kalian tentukan di bawah dokumen atau di atas dokumen. Untuk makalah yang baik minimal terdapat 15 halaman. Yang di dalamnya lengkap membahas tema yang telah ditentukan.

·    Atur batas dokumen

Batas dokumen sangat penting untuk di perhatikan. Batas dokumen ini mempengaruhi rapih tidaknya saat dokumen di print. Harus perhatikan jarak kiri. Dimana bagian kiri nantinya sebagai tmpat steples saat sudah di print.

Pakai rumus 4 4 3 3 ya. itu sadah standar yang baik dengan di kolaborasikan ukuran kertas A3 sudah cukup rapih.

·     Perhatikan kerataan setiap paragraf makalah

Aturlah setiap paragraf agar memiliki kerataan yang seragam. Anda bisa memilih rata tengah, kanan, ataupun kiri. Serta bisa juga di atur agar rata kanan kirinya. Semua tools tersebut berada pada Home.

·    Perhatikan dalam membuat tabel

Pada microsoft word, sudah lengkap pilihan sisipan yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Buatlah tabel dengan meng klik menu Insert yang tersedia.

·     Perhatikan jarak antar spasi

Agar jarak setiap kata memiliki jarak yang baik dan enak untuk di baca, makalah harus diatur pada bagian spasi. Pilihlah ukuran sepasi 1,5. Ukuran spasi 1,5 merupakan standar yang dipakai dalam pembuatan makalah.

·        Tulis footnote

Artikel yang baik memiliki sumber yang jelas. jangan lupa untuk menambahkan footnote pada setiap teori yang anda kutip. Dengan seperti itu, makalah anda sudah baik sesuai dengan standar penulisan makalah yang berlaku.

Itulah standar yang harus anda pakai dalam membuat makalah. Perhatikan setiap point diatas agar makalah anda termasuk pada makalah yang baik.

 

Struktur makalah

Makalah pada dasarnya merupakan tulisan yang berisi pembahasan secara mendalam tentang apa yang menjadi tema serta dapat menjawab pertanyaan 5W+1H. Perlu anda ketahui mengenai struktur makalah adalah sebagai berikut.

·      Cover

Dalam halaman cover, berisi judul makalah, logo, tujuan menulis makalah, nama penulis dan nama institut terkait.

·     Kata pengantar

Halaman selanjutnya adalah kata pengantar. Kata pengantar ini berisi pandangan umum tentang apa yang anda tulis. Sebelum nantinya masuk lebih mendalam mengenai tema yang anda tulis.

·      Daftar isi

Untuk memudahkan menemukan bab maupun sub bab pada makalah, anda perlu menambahkan daftar isi secara lengkap dan sesuai dengan nomor halaman.

·      Bab I Pendahuluan

Pada bab I berisi pendahuluan. Dalam pendahuluan terdapat sub bab yang berisikan:

-          Latar belakang

Berisi alasan-alasan anda menulis makalah tersebut. apa yang melatar belakangi anda dalam menulis. Anda jelaskan secara sistematis sehingga mudah untuk dipaham.

-          Rumusan masalah

Pada rumusan masalah, anda dapat tentukan apa saja inti dari pembahasan makalah. Dapat berupa pertayaan-pertanyaan yang menjadi masalah dalam pembahasan.

-          Tujuan

Tuliskan juga tujuan anda menulis makalah. Anda dapat menulisnya dengan berpatokan pada rumusan masalah yang telah anda tentukan.

·     BAB II Pembahasan

Masuk pada pembahasan, anda tuliskan semua mulai dari teori-teori yang anda gunakan dan analisislah masalah-masalah pada rumusan masalah sehingga akan di ketemukan inti pembahasan makalah anda.

·     Bab III Penutup

Dalam bab penutup terdapat sub bab sebagai berikut:

-          Kesimpulan

Dimana kesimpulan ini berisi garis besar pembahasan anda. apakah sudah mampu menjawab tujuan penulisan. Tulis dengan jelas dan tidak terlalu melebar dari pembahasan.

-          Saran

Saran berisi masukan-masukan anda untuk isi makalah yang anda bahas. Saran ini bersifat membangun untuk menjadikan lebih baik lagi.

·         Daftar Pustaka

Bagian terakhir yaitu daftar pustaka. Daftar pustaka berisi referensi-referensi yang anda gunakan dalam menyusun makalah. Sumber ini harus jelas dan harus dapat dipertanggungjawabkan. Sumber referensi bisa didapatkan dari buku, website, ebook ataupun sumber referensi lainnya.

Jasa Pembuatan Makalah

Bagi anda yang sibuk ataupun belum memahami struktur pembuatan makalah yang baik dan benar, kami menerima jasa pembuatan makalah. Jasa pembuatan makalah kami sudah pasti akan memperhatian dalam penulisan dan struktur makalah. Untuk pemesanan langsung saja hubungi nomor whatsapp admin yang tertera pada website kami. 

Next Post Previous Post