081229136836 | Jasa Pembuatan Dashboard Excel Terpercaya

 

Jasa Pembuatan Dashboard Excel Terpercaya






Tak hanya barang, saat ini banyak bisnis jasa yang bermunculan. Bisnis jasa memungkinkan seseorang untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan jasa yang ditawarkan. Banyak bisnis jasa yang bisa kita temui, tak terkecuali jasa pembuatan dashboard excel.


Pengertian Dashboard Excel


Apa itu dashboard excel? Dashboard excel adalah gambaran visualisasi grafis di Microsoft Excel yang berfungsi untuk menganalisis suatu data sehingga pengamat bisa dengan cepat mengambil keputusan.

Biasanya, dashboard excel digunakan dalam suatu perusahaan/bisnis untuk menjadi patokan analisis data tanpa perlu membaca banyak laporan yang memakan waktu lama. Tak heran, dashboard excel pun menjadi alat manajemen proyek yang sangat penting.


Tujuan Dashboard Excel


Tujuan utama dari pembuatan dashboard excel adalah menampilkan informasi secara sekilas seperti Key Performance Indicator (KPI). Selain itu, ada tujuan lain dari pembuatan dashboard excel sebagai berikut.


1. Komunikasi Berdasarkan Fakta


Dengan adanya dashboard excel, akan memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi yang sedang terjadi di perusahaan/bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa mengetahui aktivitas perusahaan secara cepat dan singkat sehingga Anda bisa merencanakan masa depan perusahaan.


2. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Bukti


Dengan adanya dashboard excel, akan membuat Anda cepat dan akurat dalam mengambil keputusan. Anda tidak perlu lagi membaca banyak laporan yang memusingkan.

Cukup dengan melihat dashboard excel, Anda bisa lebih cepat mendapatkan solusi dari masalah yang dihadapi.



Manfaat Dashboard Excel


Kenapa dashboard excel penting? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lebih baik Anda baca manfaat dashboard excel sebagai berikut.


1. Visibilitas


Dashboard excel membuat Anda bisa melihat kondisi perusahaan/bisnis yang sedang dijalani. Selain itu, dashboard excel juga menampilkan informasi berupa data-data yang akurat sehingga membantu Anda dalam mengambil keputusan.


2. Hemat Waktu dan Biaya


Adanya dashboard excel akan mengefisienkan waktu dan biaya Anda. Tidak seperti membuat laporan pada umumnya yang memakan waktu cukup lama dan membutuhkan biaya. Dengan begitu, Anda bisa langsung fokus untuk merencanakan masa depan perusahaan/bisnis Anda.


3. Data Terpusat


Dengan membuat dashboard excel, Anda tak perlu mencari data-data yang dibutuhkan di tempat lain. Dashboard excel menampilkan data-data secara akurat dan terperinci sehingga Anda bisa lebih fokus untuk melihat data-data yang memang Anda butuhkan.


4. Akuntabilitas


Tak hanya menampilkan aktivitas perusahaan/bisnis, dashboard excel juga menampilkan masalah-masalah yang sedang terjadi di perusahaan/bisnis. Anda bisa melihat dan mempertimbangkan masalah-masalah tersebut untuk segera diambil keputusan.


5. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Data


Tentunya, adanya dashboard excel bisa membuat Anda mengambil keputusan secara cepat. Dashboard excel menampilkan data-data akurat tentang kondisi perusahaan/bisnis Anda sehingga Anda bisa melihat titik masalah dan segera menyelesaikannya.


Jenis-Jenis Dashboard Excel


Ternyata, ada beragam macam dashboard excel yang bisa Anda gunakan. Berikut jenis-jenis dashboard excel, di antaranya:


1. Operasional

Dashboard operasional banyak digunakan oleh berbagai perusahaan/bisnis. Jenis ini membuat mereka memperbarui data secara real time. Selain itu, mereka juga merekam kinerja proyek saat tim berkembang.

2. Analitis

Dashboard analitis banyak digunakan oleh analisis database. Mereka memerlukan lebih banyak pelatihan untuk memahami angka-angkanya.

Dashboard jenis ini memanfaatkan data historis guna menemukan tren yang membantu memberikan informasi dalam pengambilan keputusan di proyek selanjutnya.

3. Strategis

Dashboard strategis membantu menjaga proyek agar tetap sejalan dengan strategi keseluruhan perusahaan/bisnis. Dengan begitu, proyek tidak keluar haluan dari strategi yang sudah dibuat.


Langkah-Langkah Pembuatan Dashboard Excel


Untuk membuat dashboard excel, terlebih dahulu mengenali komponen-komponennya. Berikut komponen-komponen dashboard excel sebagai berikut.

·        Pivot Table

·        Pivot Chart

·        Slicer

·        Timeline


1. Pivot Table


Pivot table digunakan untuk menampilkan hasil analisa dan pengolahan data dalam bentuk tabel.

Langkah-langkah membuat pivot table sebagai berikut.

1)      Siapkan tabel.

2)      Blok semua tabel tersebut, lalu klik menu Insert.

3)      Klik Pivot Table, lalu pilih New Worksheet, dan pilih OK.

4)      Klik dan drag yang ingin dijadikan filter dan ditampilkan (Row/Column).

5)      Pivot Table pun selesai dibuat.


2. Pivot Chart


Pivot chart digunakan untuk menampilkan hasil analisa dan pengolahan data dalam bentuk grafik.

Langkah-langkah membuat pivot chart sebagai berikut.

1)      Siapkan tabel.

2)      Blok semua tabel tersebut, lalu klik menu Insert.

3)      Klik Pivot Chart, lalu pilih Clustered Column, dan pilih OK.

4)      Klik dan drag yang ingin dijadikan filter dan ditampilkan (Row/Column).

5)      Tambahkan judul dengan cara: pilih area grafik, lalu klik Design, pilih Add Chart Elemen, pilih Chart Title, pilih Above Chart, lalu ketik judul.

6)      Pivot chart pun selesai dibuat.

3. Slicer

Slicer berguna sebagai filter table, filter pivot table, dan filter pivot chart.

Langkah-langkah membuat slicer sebagai berikut.

1)      Siapkan tabel.

2)      Blok semua tabel tersebut, lalu klik menu Insert.

3)      Klik Slicer, lalu centang yang akan dijadikan Slicer.

4)      Masukkan hasil Slicer ke dalam dashboard excel yang sudah dibuat.

5)      Slicer pun selesai dibuat.

4. Timeline

Timeline berguna sebagai filter tanggal dan waktu dari tabel, pivot tabel, dan pivot chart.

Langkah-langkah membuat timeline sebagai berikut.

1)      Siapkan tabel.

2)      Blok semua tabel tersebut, lalu klik menu Insert.

3)      Klik Timeline, lalu pilih OK.

4)      Masukkan hasil Timeline ke dalam dashboard excel yang sudah dibuat.

5)      Timeline pun selesai dibuat.




Contoh Dashboard Excel




Jasa Pembuatan Dashboard Excel Terbaik


Saat ini, sudah banyak platform yang menyediakan berbagai jasa. Hal ini tentunya memudahkan para pencari jasa untuk mencari jasa yang dibutuhkan.

Cahaya Content merupakah platform online yang menyediakan berbagai jasa baik di bidang ekonomi kreatif (ekraf), tukang (engineering), handmade, maupun jasa lainnya.

Cahaya Content telah bekerja sama dengan berbagai UMKM lokal untuk menciptakan kemandirian ekonomi. Pihaknya mengklaim telah melakukan seleksi ketat kepada penyedia jasa sehingga hasil layanan jasa pun akan memuaskan.

Bagi Anda yang memerlukan jasa pembuatan dashboard excel, Anda juga bisa langsung berkunjung ke Cahaya Content

Anda bisa memilih Cahaya Content sebagai jasa untuk membuat dashboard excel karena berbagai kelebihan yang dimiliki. Di antaranya yaitu: sudah profesional pada bidang tersebut, sukses menangani para custumer, respon cepat dan bisa konsultasi, serta berbagai kelebihan lainnya.


Pesan Segera Jasa Pembuatan Dashboard Excel Terpercaya


Setelah mengetahui tentang dashboard excel, Anda pasti akan paham seberapa penting dashboard excel untuk perusahaan/bisnis. Anda juga bisa menerapkan dashboard excel di berbagai proyek yang sedang dikerjakan.

Namun, jika tak memiliki waktu untuk membuat dashboard excel, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan dashboard excel di beberapa platform di atas.

Sebelum memilih penyedia jasa/freelancer, lebih baik lihat dulu rating dan review-nya dalam jasa pembuatan dashboard excel. Dengan begitu, Anda bisa memilih penyedia jasa yang berkualitas seperti cahaya content sehingga akan mendapatkan hasil yang memuaskan.


WA: 081229136836

Email: cahayacontentwriter@gmail.com

Web: www.cahayacontentwriter.com

 

Next Post Previous Post