081229136836 | Pengertian, Fungsi dan Jasa Olah Data SPSS Paling Oke




0895110033501 | Pengertian, Fungsi dan Jasa Olah Data SPSS Paling Oke


SPSS adalah software yang paling sering digunakan dalam penelitian. Selain tidak berbayar, fitur yang dimiliki juga cukup mudah, lho. Nah, bagi Anda yang belum paham terkait pengertian, fungsi dan jasa olah data SPSS, maka bisa melihat penjelasan di bawah ini.

Sejarah SPSS

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus memahami kira-kira bagaimana sih sejarah awal SPSS. Awalnya, SPSS merupakan paket statistik untuk ilmu sosial yang dirilis pertama kali pada tahun 19698. Software ini hasil dari kembangan Norman H. Nie dan C. Hadlai Hull.

Norman Nie sendiri merupakan seorang ilmuwan politik yang telah menuntaskan studi pasca sarjananya di Stanford University. Saat mencetuskan SPSS, ia sedang mengadakan riset sebagai Profesor di Departemen Ilmu Politik bersama dengan Emeritus dari University of Chicago.

SPSS sekarang menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan untuk menganalisis data statistik di ilmu sosial. Tak heran jika banyak jasa olah data SPSS untuk kepentingan penelitian pasar, survei, kesehatan, pemerintah, pendidikan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

SPSS pada tahun 1970 dinobatkan menjadi salah satu buku sosiologi paling berpengaruh. Pasalnya, selain bisa digunakan untuk menganalisis statistik, juga bisa melakukan manajemen data, dokumentasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian SPSS dan Kepanjangannya

Sebenarnya, pada penjelasan di atas sudah disinggung sedikit tentang SPSS. Lebih jelasnya adalah program, aplikasi atau software yang memiliki kemampuan analisis statistik cukup tinggi, sistem manajemen data menggunakan menu, dan kotak dialog sederhana.

Selain itu, juga memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya menggunakannya, baik melalui pointing atau clicking mouse. Pada awalnya, kepanjangan dari SPSS adalah Statistikal Package for the Social Science, karena waktu itu ia hanya digunakan untuk keperluan ilmu sosial saja.

Namun sekarang ini, kemampuan SPSS sudah diperluas dan mampu melayani beragam user termasuk riset ilmu sains. Jadi, kepanjangan SPSS adalah Statistical Product and Service Solutions.

Beberapa kemampuan yang dimiliki adalah mampu membaca berbagai jenis data, memasukkannya secara langsung dalam menu data editor dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, ada syarat tertentu soal data yang akan diinput yaitu haris berbentuk baris (cases) dan kolom (variabel).

Baris adalah sebuah bentuk informasi dari unit apa yang akan dianalisis, sedangkan variabel adalah turunan dari konsep yang sudah dikumpulkan pada suatu kasus. Saat ini SPSS sudah diakui oleh IBM Corporation dengan fitur terbaru yang memudahkan pengguna dalam mengolah dan menganalisis data statistik.

Beberapa fitur yang ditawarkan adalah melakukan pengumpulan data, menganalisis, memprediksi tren, dan IBM Analytical Decision Management yang sangat bermanfaat untuk mengambil keputusan.

Nah, untuk spesifikasi komputer yang mumpuni, untuk program SPSS ini adalah minimal prosesor intel atau AMD, memiliki kecepatan minimal 1 GHz, memori internal 1 GB, kapasitas hardisk 800 MB, dan resolusi monitor 1024x768 pixel.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki spesifikasi komputer atau laptop seperti di atas? Jawabannya sangat mudah yaitu bisa mencari jasa data olah SPSS untuk menyelesaikan permasalahan dan kebutuhan penelitian Anda.  


Fungsi SPSS


Mungkin Anda memutuskan untuk memakai jasa pengolah data SPSS, namun tidak ada salahnya jika mengetahui fungsi dari aplikasi ini. Apa saja? Perhatikan beberapa poin di bawah ini:


1. Data Editor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwasanya SPSS memang berfungsi untuk mengumpulkan data. Tak hanya itu, SPSS juga mampu menampilkan, mengedit, memasukkan dan mendefinisikan data.

 

Jadi, ketika Anda sudah selesai melakukan penelitian menggunakan kuesioner, maka tinggal memasukkan data dan skor yang diperoleh ke dalamnya. Namun, jika belum memahami dan masih takut salah, bisa membayar jasa oleh data SPSS. Anda tinggal menerima beresnya saja.

2. Viewer

Apa sih yang dimaksud dengan viewer? Fungsi SPSS yang kedua ini adalah mempermudah Anda untuk melihat hasil dari data yang sudah diproses, menunjukkan, dan menghilangkan bagian tertentu yang dibutu

 

Contoh sederhananya, Anda menginputkan data pekerjaan ke SPSS, outputnya bisa Anda jadikan diagram, tabel, atau yang lainnya dan bisa langsung di export ke Microsoft Word untuk dianalisis lebih lanjut sesuai dengan konsep atau teori penelitian.


3.  Multidimensional Pivot Tables

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa output yang dihasilkan dari data yang dimasukkan ke dalam SPSS adalah multidimensional pivot tables. Dalam artian Anda bisa melakukan eksplorasi lebih jauh terhadapnya dengan mengatur baris, kolom, later, dan lainnya.

 

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah melakukan pengaturan atau pengelompokan data menggunakan fitur splitting tabel. Contohnya hanya ada beberapa data saja yang ditampilkan dalam kurun waktu tertentu. Sampai sini apakah bisa dipahami?

4. High-Resolution Graphics

Apabila Anda menggunakan aplikasi SPSS maka data yang sudah diolah bisa diolah menjadi high resolution graphics. Contohnya adalah pie charts, bar, histogram, 3-D graphics, scatter plots dan lain sebagainya.

 

Kesimpulan sederhananya, SPSS tidak hanya mudah dioperasikan oleh semua kalangan tetapi juga membuat pekerjaan lebih nyaman dan berkualitas.

5. Database Access

SPSS juga memungkinkan Anda untuk memperoleh kembali informasi yang berasal dari sebuah database. Pastinya menggunakan fitur Database Wizard yang sudah disediakan oleh pihak pengembang.

6. Data Transformation

Pengkategorian adalah hal yang penting dalam sebuah penelitian. Oleh karena itu, para akademisi biasanya tidak akan melupakan hal ini dan SPSS adalah satu-satunya aplikasi yang mampu menjawab keresahan tersebut.

 

SPSS menyediakan data yang sudah siap untuk dianalisis dengan melakukan subset data, kombinasi kategori, merge, split, beberapa perintah transpose files, agregat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Electronic Distribution

Fungsi SPSS yang ketujuh adalah ketika Anda menggunakannya maka bisa mengirimkan laporan secara elektronik, melalui fitur pengiriman data (email) yang sudah disediakan.

 

Selain itu juga bisa langsung melakukan export tabel dan grafik yang bisa dikirim ke aplikasi lain melalui internet dan intranet.

8. Online Help

Salah satu ciri aplikasi yang baik adalah selalu menyediakan solusi atas permasalahan yang dialami para penggunanya. Hal inilah yang mendasari pihak pengembang untuk menambahkan fasilitas online help yang siap membantu ketika menginput data penelitian.

 

Anda akan mendapatkan bantuan berupa bagaimana cara mengoperasikan aplikasi SPSS secara lebih detail, pencarian prosedur yang diinginkan hingga contoh kasus yang sering terjadi.

Namun, jika Anda tidak ingin ribet, lebih baik membayar jasa olah data SPSS, tinggal duduk manis. Pasalnya, semua akan beres dan tinggal dianalisis saja.

9. Akses Data tanpa Tempat Penyimpanan Sementara

Tahukah Anda, bahawasanya setiap analisis file yang sangat besar, biasanya disimpan tanpa membutuhkan tempat penyimpanan sementara? Tentunya hal tersebut sangat berbeda pada aplikasi SPSS ini yang mana semua data besar bisa dibuat versi temporarynya.

10.Interface dengan Database Relasional

SPSS juga memiliki fitur interface dengan database relasional. Dengan begitu, maka mampu menambah efisiensi dan memudahkan pekerjaan Anda karena bisa langsung mengekstrak dan melakukan analisis secara lebih mendalam.

11. Analisis Distribusi

Fungsi selanjutnya SPSS bisa melakukan analisis distribusi yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan versi for server ata multi user. Kegunaannya untuk melakukan analisis file data dalam jumlah yang besar dan bisa langsung melakukan remote dari server.

 

Ditambah dengan memprosesnya secara sekaligus tanpa harus memindahkannya ke komputer user yang lain lagi. Apakah bisa dipahami?

12. Multiple Sesi

Tahukah Anda bahwa kabar baik selalu hadir pada aplikasi ini yaitu memiliki kemampuan dalam melakukan analisis lebih dari satu file data di saat yang bersamaan.

13. Mapping

Fungsi yang terakhir adalah bisa melakukan mapping atau visualisasi data yang dibuat dengan berbagai macam tipe, baik secara interaktif atau konvensional. Anda bisa menggunakan pie, jangkauan nilai, tipe bar, chart, simbol gradual, dan lain sebagainya.

Jadi, itu dia beberapa fungsi yang ada dalam aplikasi SPSS. Bagaimana sangat banyak, bukan? Informasi di atas justru memberikan pencerahan atau semakin membingungkan? Tenang saja, jika tidak ingin ribet dan lebih efisien, silahkan hubungi jasa olah data SPSS.

Menu di SPSS

Selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja sih menu yang ada di SPSS, agar mendapatkan gambaran kira-kira nantinya ingin mengolah data yang seperti apa, sekalipun Anda menyewa jasa orang lain tetap harus paham informasi ini. Berikut ulasannya:

1. File

Pada menu file Anda akan beberapa fitur. Pertama yaitu new yang digunakan untuk membuat lembar kerja baru pada aplikasi SPSS. Kedua, open untuk membuka dokumen yang sudah ada. Secara umum, terdapat 3 macam ekstensi yang bisa dibuka yaitu *.spo, *.sav dan “.cht.

 

Ketiga Read Text untuk membuka dokumen dari file yang berekstensi txt. Keempat save untuk melakukan penyimpanan dokumen. Kelima page setup untuk mengatur halaman kerja. Print untuk mencetak output atau lembar kerja SPSS.

 

Ada juga print preview untuk melihat bagaimana hasil cetakan nantinya. Recent used untuk membuka file data yang sudah diedit sebelumnya.

2. Edit

Nah, untuk melakukan pengeditan pada aplikasi SPSSS  baik pengaturan untuk konfigurasi atau data secara keseluruhan, maka harus mengenal beberapa fitur di bawah ini:

 

-          Undo yang digunakan untuk melakukan pembatalan perintah sebelumnya.

-          Redo untuk perintah pembatalan.

-          Cut, menghapus beberapa sel, text atau objek dan bisa di paste di bagian lainnya untuk keperluan tertentu.

-          Paste yaitu menampilkan sebuah sel, text atau objek sebagai hasil dari perintah copy atau cut.

-          Paste after, untuk mengulangi perintah paste sebelumnya.

-          Paste spesial untuk mengkonversi gambar, word dan lain sebagainya.

-          Clear untuk menghapus sebuah sel, text atau objek.

-          Find, mencari kata kunci sebuah data yang sudah diinput.

-          Options yaitu mengatur konfigurasi tampilan secara umum.

3. View

Menu view ini berfungsi untuk mengatur tampilan tambahan di layar kerja, di dalamnya terdapat:

 

-          Status bar yang digunakan untuk mengetahui proses apa saja yang sedang berlangsung.

-          Toolbar untuk mengatur tampilan.

-          Fonts untuk mengatur jenis ukuran huruf pada lembar kerja SPSS.

-          Gridlines untuk mengatur garis sel pada lembar kerja.

-          Value labels, untuk mengetahui berapa value dari sebuah label yang sudah diinputkan.

4. Data

Apabila Anda menyewa jasa olah data SPSS, pastikan yang benar-benar memahami menu ini karena sangat penting dalam mengolah dan menganalisis data. Menu ini mencakup:

 

- Define dates untuk mendefinisikan sebuah waktu yang meliputi tahun, tanggal, ja dan lainnya.

-  Insert variabel untuk menyisipkan kolom di antara variabel yang ada.

-  Insert case untuk menyisipkan baris.

-    Go to case untuk memindahkan kursor pada bagian tertentu.

-  Sort case untuk mengurutkan nilai dari sebuah kolom variabel.

- Transpose untuk melakukan operasi sebuah kolom dari variabel menjadi sebuah baris.

-  Merge files, menggabungkan beberapa file dokumen dengan menggabungkan kolom variabelnya.

-  Split file untuk memecahkan file yang didasarkan pada kolom variabelnya.

- Select case untuk mengatur sebuah variabel berdasarkan persyaratan tertentu.

5.  Transform

Menu ini digunakan untuk melakukan perubahan atau penambahan data, di antaranya adalah:

 

Compute untuk melakukan pengoperasian aritmatika dan logika.

-   Count untuk mengetahui jumlah sebuah ukuran data tertentu dalam suatu baris tertentu juga.

 Recode untuk melakukan penggantian nilai pada sebuah kolom variabel. Terdapat dua fitur yaitu into same variabel untuk menggantikan, dan into different variabel untuk mengubah variabel baru.

-  Categorize variabel yang mengubah angka rasional menjadi diskrit.

-     Rank case untuk mengurutkan nilai data.

6.  Analyse

Na,h bagian ini bisa dibilang yang paling penting karena Anda akan menemukan beberapa menu seperti corelate, compare mens, regression, dan lain sebagainya. Semuanya selalu berkaitan dengan metode yang Anda gunakan apakah kuantitatif atau kualitatif.

7.  Graphs

Menu graphs berfungsi untuk membuat aneka grafik seperti bar, line, pie, diagram, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bisa Anda gunakan sesuai selera dan kebutuhan.

8. Utilities

Utilities berfungsi untuk mengetahui informasi file, variabel, dan lain-lain.

9.  Ad Ons

Kalau menu yang satu ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memberikan perintah SPSS untuk menggunakan aplikasi tambahan, seperti text analysis dan Amos.

10.  Help

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya Anda bisa mencari petunjuk pada menu ini.

Jasa Olah Data SPSS

Apabila Anda membutuhkan jasa olah data SPSS yang terpercaya, murah dan paling oke, maka kami tempatnya. Melakukan pengolahan data dengan hati-hati dan pastinya sesuai request Anda, jadi tidak ada kesalahpahaman yang menimbulkan kerusakan data.

Berikut ini beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan jasa kami dalam pengerjaan data Anda:

-  Cepat, prosesnya tidak lama kok karena sudah dikerjakan oleh ahli dan profesional. Jadi tidak ada kata molor, karena kami juga memahami pentingnya olahan data dalam sebuah penelitian.

-   Murah, dijamin deh harganya tidak akan membuat kantong kering, terlebih bagi mahasiswa yang sedang menghemat.

Akurat, data yang kami berikan 100% bisa dipertanggungjawabkan. Kami mengerjakan dengan teliti dan tekun sesuai dengan kuesioner atau request yang diminta pelanggan.

-  Perfect, output yang dihasilkan dalam pengolahan data pastinya akan diperiksa beberapa kali untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penginputan, agar kesimpulan penelitian terjaga kemurniannya.

-          Bisa request output sesuai selera apakah ingin model diagram, tabel, pie, chart dan lainnya. Termasuk kategori pada masing-masing indikator.

Mencari jasa olah data SPSS? Ya, kami tempatnya. Percayakan semua data Anda, maka kami akan melakukan yang terbaik dan dijamin keakuratannya. Apabila ada yang salah, maka kami akan melakukan revisi secepat mungkin, asalkan sesuai dengan syarat dan kebijakan yang telah disepakati kedua belah pihak.


Hubungi Kontak Jasa Olah Data SPSS Cahaya Content Writer


WA:  081229136836

Email: cahayacontentwriter@gmail.com

Web: www.cahayacontentwriter.com




 

Next Post Previous Post