081229136836| Jasa Pengolahan Data Statistik Terpercaya

 


Manfaat, Peran dan Jasa Pengolahan Data Statistik Terpercaya

Tahukah Anda bahwa segala hal di kehidupan manusia berkaitan dengan ilmu perhitungan, matematika, atau statistika? Terlebih bagi mahasiswa S1, S2, S3, dan masyarakat umum yang mengadakan penelitian akan suatu hal. Nah, sekarang Anda harus tahu sebenarnya apa sih manfaat, peran, hingga di mana jasa pengolahandata statistik? Simak sampai akhir, ya!

Manfaat Statistika

Mungkin bagi sebagian orang, ilmu statistika sama susahnya dengan matematika yang membutuhkan kemampuan berhitung dan ketelitian. Namun, statistika dirasa lebih mudah karena ada beberapa software khusus yang sengaja dibuat untuk mempercepat pengerjaan.

Anda perlu tahu sebenarnya apa sih manfaat statistika yang jarang disadari oleh semua orang, ini dia lengkapnya:

1.  Mendapatkan Gambaran Mengenai Sebuah Fenomena

Biasanya sebuah fenomena tertentu yang penting tidak bisa disimpulkan begitu saja. Perlu adanya penelitian yang lebih lanjut dan data sebagai bukti pendukung dari sebuah argumen yang dilontarkan.

 

Contohnya adalah intensitas kecelakaan yang diduga karena jalan rusak akibat banyaknya transportasi berat yang lewat. Kesimpulan dari fenomena tersebut tidak bisa langsung begitu saja, perlu adanya sebuah penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.

 

Nah, inilah fungsi statistika, yang mana Anda bisa mendapatkan gambaran dari mulai yang umum ke khusus dan mengambil kesimpulan dari itu semua. Anda bisa memperhitungkan berapa kali orang kecelakaan dalam sehari dengan perhitungan angka yang lebih real.

 

Selain itu, melalui statistika Anda juga bisa menyelidiki melalui data wawancara, apakah benar disebabkan oleh transportasi besar atau justru yang lainnya.

2. Mampu Mengambil Keputusan dalam Tingkat Kepercayaan Tertentu

Statistika memang identik dengan sebuah penelitian yang hasil akhirnya diharapkan mampu memberikan pertimbangan bagi pemangku kepentingan, dalam mengambil keputusan dengan tingkat kepercayaan tertentu berdasarkan sampel dari sekian populasi.

 

Misalnya, terdapat perbedaan status sosial ekonomi seseorang sebelum dan sesudah dibangunnya sebuah tempat wisata, yang dibuktikan dengan tinggi rendahnya beberapa indikator yang diukur dari sekian sampel yang diteliti.

 


Nah, hasil akhirnya bisa digunakan oleh para pemilik tempat wisata, pemerintah desa setempat, atau kabupaten pada umumnya untuk meratakan status sosial ekonomi masyarakat agar lebih merata.

 

Pastinya yang dimaksud dalam tingkat kepercayaan tertentu disini adalah dari sekian sampel dan populasi yang diteliti di sebuah wilayah saja, karena bisa jadi antara satu daerah dengan lainnya berbeda.

 

Namun, perlu diketahui bahwasanya tidak semudah itu dalam mengambil sebuah keputusan, harus ada pengolahan data terlebih dahulu. Anda bisa menyewa jasa pengolahan data statistik agar penelitian selesai lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

3. Efisiensi Biaya

Mayoritas penelitian yang dilakukan baik oleh mahasiswa, dosen, atau lembaga penelitian tidak mungkin mengambil seluruh data subjek yang diteliti, mewawancarai, atau mendatangi satu persatu rumah responden karena akan menguras biaya dan tenaga.

Nah, dalam Ilmu Statistika dikenal dengan “Sampling” yang diambil dari sekian populasi berdasarkan kriteria tertentu. Nantinya data yang didapatkan digeneralisasikan dan bisa mewakili sekian target subjek penelitian.

Pastinya hasilnya juga dapat dipertanggungjawabkan, karena responden yang disasar sudah tepat sasaran. Bayangkan saja jika tidak ada ilmu statistika, para peneliti tidak akan punya pegangan terkait cara mengambil data yang mengakibatkan biaya penelitian membengkak.

4. Membantu Pemodelan dari Sebuah Permasalahan

Manfaat yang selanjutnya adalah membantu pemodelan dari sebuah permasalahan yang ditemukan saat penelitian. Namun untuk mendapatkannya, harus ada pengolahan data dan analisis secara mendalam.

Apabila Anda kurang sanggup dalam mengolah sekian banyaknya data yang masuk, maka bisa menggunakan jasa pengolahan data statistik agar mempercepat pekerjaan. Jadi, Anda bisa berfokus ke analisis teori atau mempersiapkan lainnya sebelum diambil kesimpulan.

5. Mengetahui Faktor yang Berhubungan dengan Sebuah Permasalahan

Tidak hanya pemodelan dari sebuah permasalahan saja yang akan Anda dapatkan ketika memahami Ilmu Statistika, tapi juga semua faktor yang berhubungan.

 

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi para pemangku kepentingan untuk mengantisipasi dampak yang terjadi, jika sebuah kebijakan diterapkan dalam suatu wilayah sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi.

Jadi walaupun ribet, tetap tidak ada yang sia-sia dari belajar dan mengolah data dalam statistika.

6. Mengetahui Efek dari Variabel

Mahasiswa baik S1, S2, S3 dan lembaga penelitian pasti sudah tidak asing lagi dengan variabel yang merupakan turunan dari sebuah konsep. Variabel inilah yang menjadi aspek penting untuk diteliti.

Ilmu statistika bermanfaat untuk mengetahui efek dari variabel tersebut. Contoh sederhananya, ada penelitian tentang tingkat kepadatan penduduk terhadap kesejahteraan sosial masyarakat di Desa A.

Seandainya tidak ada Ilmu Statistika dan pengolahan data, maka tidak akan diketahui apakah benar kepadatan penduduk memiliki efek pada kesejahteraan sosial di sebuah desa? Sampai sini apakah bisa dipahami?

7.  Melakukan Peramalan Data di Masa Mendatang

Manfaat yang terakhir, statistika bisa meramalkan data di masa mendatang. Bukan dugaan, prasangka atau yang lainnya, tapi berdasarkan kenyataan dari sebuah fenomena yang diteliti.

Jadi, itu dia beberapa manfaat Ilmu Statistika. Selanjutnya Anda juga harus tahu apa saja sih perannya dalam berbagai bidang.  

Peran Pengolahan Data Statistik dalam Berbagai Bidang

Ada satu hal yang perlu digaris bawahi bahwasanya data yang didapatkan tidak serta merta disajikan mentah begitu saja apabila ingin menghasilkan sebuah keputusan. Perlu adanya pengolahan menggunakan beberapa software tertentu yang tidak semua pihak memilikinya.

Anda harus tahu, kira-kira apa saja sih peran pengolahan data statistika tersebut dalam berbagai bidang yang ada di sekitar? Ini dia penjelasan lengkapnya:

1. Bidang Politik

Statistika berperan penting dalam kancah perpolitikan, tidak hanya di Indonesia tapi juga hampir semua negara. Contoh sederhana yang paling sering Anda temukan adalah quick count yang memberikan prediksi secara real calon yang akan terpilih dalam sebuah pemilihan umum.

 

Quick count ini dilakukan oleh beberapa lembaga penelitian yang memiliki software khusus untuk mengolah data yang masuk, bisa juga dari survey pendukung masing-masing partai atau calon.

 

Oleh karena itu, keberadaan jasa pengolahan data statistik tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, tanpanya masyarakat tidak akan tahu transparansi dan prediksi pasangan calon yang akan menang dalam sebuah pemilu atau pilkada.

2. Bidang Marketing

Pengolahan data statistika juga berperan penting dalam bidang marketing. Pasalnya, dapat mengetahui kira-kira apa saja sih yang mempengaruhi sebuah penjualan, sehingga pemimpin perusahaan bisa menentukan arah kebijakan selanjutnya.

3. Keuangan dan Ekonomi Makro

Nah, kalau pada bidang yang satu ini pengolahan data statistik memiliki peranan yang cukup besar, baik skala mikro ataupun makro.

Contohnya dapat mengetahui pengaruh kebijakan pemerintah dalam hal ekonomi terhadap inflasi, peningkatan kesejahteraan dan lain sebagainya.

4.  Kedokteran dan Farmasi

Siapa bilang jika dunia kedokteran dan farmasi hanya berhenti di penanganan orang sakit dan obat-obatan saja. Nyatanya tidak demikian, semua data yang masuk akan diolah menggunakan Ilmu Statistika agar bisa mengetahui tindakan preventif kedepannya.

Misalnya sebuah rumah sakit menerima pasien jantung dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Nah, ini menjadi tugas pemerintah dan instansi kesehatan untuk melakukan sosialisasi bagaimana agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Selain itu, juga bisa mengetahui sejauh mana efek obat terhadap penyakit tertentu, setelah data mentah yang dihasilkan, diolah kemudian dianalisis.  

5. Pertanian

Statistika memang tidak bisa dianggap remeh karena pada kenyataannya ia tidak hanya berperan di bidang modern saja tapi juga pertanian. Data yang didapatkan dari hasil eksperimen akan diolah sebelum disampaikan hasilnya kepada masyarakat.

Contoh realnya, sekarang masyarakat sudah mengetahui jenis bibit apa saja yang unggul dan bisa meningkatkan produktivitas dan keuntungan.

6. Sejarah, Sastra dan Budaya

Dalam bidang Sejarah, Sastra dan Budaya ternyata pengolahan data statistika juga berperan untuk mengetahui efek dari suatu budaya asing terhadap budaya lokal.

Jadi, Anda tidak boleh ragu terkait keberadaan jasa pengolahan data statistik. Pasalnya, bagaimanapun juga akan menghasilkan hasil yang berkualitas dalam berbagai bidang di atas.

Alur Pengolahan Data Statistika

Riset atau penelitian adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh pihak tertentu dengan cermat, aktif, teliti dan tekun. Pelaksanaannya tidak bisa dilakukan sembarangan, harus mengikuti beberapa kaidah dan metode ilmiah secara sistematis agar mendapatkan informasi atau data yang sesungguhnya.

Nah, kekurangannya, data atau informasi yang didapatkan masih mentah, yang artinya belum tersusun dan masih sangat berantakan. Perlu adanya penyusunan agar lebih rapi dan menghasilkan informasi yang benar-benar akurat.

Pengolahan data adalah proses mengolah data baik secara manual atau menggunakan software di dalam komputer, untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan oleh peneliti. Pengolahan data ini bisa dibilang proses yang sangat krusial karena nantinya akan menentukan kemudahan dalam analisis.

Output yang dihasilkan dari pengolahan data ini bisa berupa grafik, peta, angka, gambar, ataupun diagram. Sekali lagi tujuannya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam sebuah penelitian.

Jika Anda bertanya kira-kira bagaimana alur kerja pengumpulan dan pengolahan data, berikut ini penjelasnya:

-          Pengumpulan data melalui kuesioner yang sudah didata sedemikian rupa berdasarkan indikator.

-          Editing data atau coding data untuk memudahkan proses penentuan tinggi, rendah atau sedang indikator yang diukur.

-          Pengolahan data (entry dan editing data) yang dilakukan baik secara manual atau menggunakan software tertentu yang nantinya menghasilkan output berupa tabel, grafik, gambar atau lainnya sesuai request.

-          Analisis data (statistika deskriptif dan statistika inferensial).

-          Interpretasi data yang merupakan tahap akhir setelah dilakukan analisis.

Beberapa alur di atas yang biasanya dilakukan oleh jasa pengolahan data statistik yang sudah profesional. Lalu, apakah tidak bisa dilakukan secara pribadi? Jawabannya bisa, hanya saja tidak cocok bagi yang membutuhkan hasil penelitian dengan cepat.

Terkait manfaat pengolahan data sebenarnya sudah dijelaskan pada sub bab selanjutnya. Namun semua itu tidak paten, dalam artian manfaat yang didapatkan tergantung pada tema penelitian yang dilakukan.

Bagi mahasiswa, pasti membantu mereka untuk lulus lebih cepat karena sudah berhasil menghasilkan penelitian yang berkualitas. Bagi para geografis bisa membantu prakiraan cuaca dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jasa Pengolahan Data Statistik

Sebenarnya, masing-masing jasa pengolahan data statistik memberikan pelayanan yang berbeda, namun apabila Anda mencari yang tepat maka Kami adalah solusinya. Layanan yang diberikan tidak kalah dengan yang lainnya, lho. Apa saja yang mungkin akan  didapatkan?

1. Konten Pembelajaran Statistik

Sebagai jasa pengolahan data yang baik, kami menyediakan berbagai konten pembelajaran. Anda bisa mengikutinya jika ingin menambah pengetahuan. Pastinya akan diisi oleh orang-orang yang profesional dan sangat membantu pekerjaan Anda sebagai seorang peneliti.

Terlebih bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas akhir. Sudah bukan waktunya lagi bersenang-senang, melainkan harus lebih banyak mengisi kegiatan dengan belajar statistik, khususnya yang skripsinya menggunakan metode kuantitatif.

Ingat ya, statistik tidak hanya berhubungan dengan angka saja, tapi jauh sebelum itu seperti penentuan sampel, alur pengumpulan data, perhitungan koding dan masih banyak lagi yang lainnya.

2.  Jasa Pengolahan dan Analisis Data  

Mengolah data merupakan tugas utama yang pasti dilakukan. Jadi, bagi Anda yang masih bingung terkait data mentah yang didapatkan dan ingin mengubahnya ke dalam bentuk grafik yang lebih simpel, maka kami adalah solusinya.

Jangan khawatir, kami juga melayani segala request yang Anda berikan. Misalkan, koding pada indikator tertentu, lengkap dengan penentuan tinggi, rendah, sedang data penelitian yang diberikan, jika yang ingin diukur mencakup variabel independen dan dependen.

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan tema penelitian Anda. Misalkan mengukur pengaruh sesuatu terhadap lainnya, maka kami akan membantu membuat tabel ringkas dan menentukan dimana letak hubungannya.

Tidak hanya itu, apabila Anda menginginkan analisis data, maka kami siap untuk memberikannya. Namun, tetap harus ada kontribusi dari Anda sebagai seorang peneliti dan disesuaikan dengan teori yang digunakan, agar hasil penelitian lebih oke di mata orang lain.

3. Riset Pasar dan Politik

Tidak hanya mengolah data, kami juga melakukan riset pasar bagi perusahaan untuk menentukan sejauh mana capaian strategi yang diterapkan, jumlah penjualan dalam periode tertentu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kami juga bisa membantu riset seperti ketertarikan masyarakat terhadap pilkada, pilpres, kandidat hingga partai politik, termasuk ketercapaian kampanye yang selama ini sudah dilakukan.

Jadi, kami tidak hanya berfungsi sebagai jasa pengolahan data statistik biasa, tapi lebih dari itu.

4.  Pelatihan Statistik

Pada beberapa kesempatan, kami juga kerap mengadakan pelatihan segala hal yang berkaitan dengan statistika secara berkala. Biasanya dalam berbentuk workshop atau pelatihan yang dijadwalkan pada hari tertentu.

Jadi, apabila Anda ingin belajar dan memahami lebih jauh disertai dengan praktik pengolahan data statistika, maka kami adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, mampu menjawab semua permasalahan Anda.

Anda tetap harus stay tune pada kami ya, karena pengumuman pendaftaran pelatihan akan dilaksanakan sewaktu-waktu dengan jumlah peserta yang terbatas. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini, ya!

5. Hal Lainnya yang Dibutuhkan oleh para Akademisi atau Perusahaan

Apakah berhenti sampai disitu saja? tentu jawabannya tidak, karena kami bisa melaksanakan semua kebutuhan para akademisi, perusahaan dan partai politik secara lebih luas.

Anda bisa request apapun yang dibutuhkan dan pastinya masih berkaitan dengan penelitian atau statistika. Jadi, apakah masih ragu dengan kami?

Kami adalah jasa pengolahan data statistik yang paling terpercaya, bisa dipertanggungjawabkan dan tepat. Mampu menjawab permasalahan penelitian Anda dalam jangka waktu yang tidak lama. solusi para mahasiswa, akademisi, politikus, dan pihak lainnya yang membutuhkan. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut, ya! Ditunggu segera!

Kontak Jasa Pengolahan Data Statistik Cahaya Content

WA: 081229136836

Email: cahayacontentwriter@gmail.com

Web: www.cahayacontentwriter.com

 


 


Next Post Previous Post