081229136836 | Jasa Pembuatan Poowton

083840173448 | Cara Mudah Membuat Video Menggunakan Powtoon

081229136836 | Cara Mudah Membuat Video Menggunakan Powtoon

Dewasa ini, banyak sekali media yang dapat digunakan untuk membuat video yang dapat menunjang segala kebutuhan Anda. Bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam mencari aplikasi apa saja yang dapat digunakan dalam pembuatan video, baik animasi, video presentasi, dan lain sebagainya.

Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sebelum teknologi sudah mulai canggih banyak sekali aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk menunjang kebutuhan Anda dalam pembuatan video.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu aplikasi pembuat video yaitu powtoon. Sebelum menuju ke cara membuat video menggunakan powtoon, aplikasi powtoon itu seperti apa sih? Bagaimana cara membuat aplikasi powtoon, bagaimana cara menggunakan aplikasi powtoon, dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut? Pada artikel ini akan dibahas dengan detail mengenai aplikasi powtoon. Yuk disimak.

Pengertian Powtoon

Powtoon merupakan salah satu aplikasi pembuat video yang pada tahap awalnya berbentuk slide sama halnya seperti microsoft power point, akan tetapi pada tahap akhir atau finishing akan menghasilkan video seperti bentuk pada umumnya. Menggunakan aplikasi powtoon ini, Anda perlu memastikan koneksi internet yang kuat karena memakan data yang cukup besar. 

Aplikasi powtoon ini terdapat berbagai macam fitur untuk mempercantik video yang akan Anda buat. Aplikasi powtoon ini terdapat dua tipe  yaitu free dan berbayar. Jika Anda menggunakan powtoon free, maka fitur-fitur yang tersedia juga terbatas dan jangka waktu percobaan hanya tiga hari dimulai sejak Anda melakukan login akun. 

Sedangkan jika Anda menggunakan powtoon yang berbayar, Anda dapat mengakses berbagai macam fitur yang lebih banyak dan lebih menarik. Harga dari powtoon yang berbayar sangat beraneka ragam disesuaikan dengan kebutuhan Anda nantinya.

Aplikasi powtoon umumnya digunakan untuk membuat animasi pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dengan menggunakan salah satu aplikasi powtoon ini tentunya akan menarik dan mampu menambah semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu, aplikasi powtoon ini juga sangat populer dimanfaatkan oleh kalangan akademisi dan presentator.

Sebelum membuat video menggunakan aplikasi powtoon, Anda perlu mendaftar menggunakan layanan aplikasi powtoon. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Daftar Powtoon

  1. Langkah pertama Anda perlu menyiapkan dan membuka laptop atau PC serta pastikan Anda memiliki koneksi internet yang kuat dan stabil.
  2. Langkah kedua Anda perlu membuka jendela browser seperti chrome, mozilla firefox, atau yang lain sebagainya.
  3. Kemudian search powtoon pada kolom pencarian.
  4. Setelah itu akan muncul tampilan, kemudian klik start now.
  5. Kemudian pilih opsi pendaftaran akun yang akan Anda daftarkan. Disarankan untuk mendaftar menggunakan email google supaya lebih mudah.
  6. Masukkan nama depan dan nama belakang Anda, kemudian isikan email dan password Anda.
  7. Klik “sign in me now” kemudian akan muncul notifikasi melalui email untuk melakukan verifikasi.
  8. Setelah mendapatkan notifikasi dari email, klik tautan “activate your powtoon account”  kemudian klik confirm dan continue.
  9. Setelah masuk pada halaman powtoon, Anda akan diminta untuk memilih untuk apa aplikasi tersebut. Anda dapat mengisinya untuk keperluan pribadi atau juga dapat diisi untuk pemasaran atau bisnis.
  10. Setelah proses verifikasi selesai, Anda sudah dapat menggunakan aplikasi powtoon.

Cara membuat video menggunakan aplikasi powtoon itu sendiri sangatlah mudah, Anda dapat menambahkan berbagai animasi seperti real, whiteboard, dan cartoon. Jika Anda tidak ada waktu dalam pembuatan video menggunakan aplikasi powtoon ini sedangkan deadline pengerjaan yang sudah mepet, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan powtoon. Berikut cara mudah membuat video menggunakan aplikasi powtoon.

Cara Pembuatan Powtoon

  1. Cara menggunakan aplikasi powtoon untuk membuat video baru, Anda dapat klik pada bagian blank powtoon.
  2. Setelah laman blank powtoon muncul, maka Anda dapat membuat video sesuai dengan selera Anda. Fitur-fitur  pada powtoon ini dapat diakses pada bagian sisi kanan.
  3. Anda dapat menambahkan slide cukup dengan klik pada bagian “Add slide” yang terletak pada bagian kiri.
  4. Untuk mengatur waktu, Anda dapat klik tambah untuk menambah durasi waktu dan klik kurang untuk mengurangi durasi waktu.
  5. Anda juga dapat mengedit isi video dengan menggunakan opsi timeline yang terletak pada bagian panel sebelah kanan seperti layout, background text dan lain sebagainya untuk menambah icon video Anda menjadi lebih menarik.
  6. Klik warna palet yang sudah tersedia sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.
  7. Sebelum menyimpan hasil video yang Anda buat, putar ulang apakah video yang sudah Anda buat sudah sesuai keinginan atau belum.

Cara Menyimpan Video Powtoon

Setelah video yang sebelumnya sudah selesai dibuat, Anda dapat menentukan lokasi penyimpanan video tersebut apakah di HP atau di PC. Namun video yang sudah Anda buat tidak bisa tersimpan secara langsung karena masih terdapat beberapa tahapan untuk menyimpan video powtoon yang sudah Anda hasilkan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Setelah hasil video sudah dipastikan sesuai keinginan, kemudian pilih “ekspor option” dan pilih opsi yang Anda butuhkan.
  2. Jika Anda ingin menyimpan hasil video kedalam folder penyimpanan, maka klik “download MP4”. Apabila Anda ingin mengunggahnya ke media sosial seperti youtube, Anda dapat klik “youtube”.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam pembuatan video menggunakan powtoon, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk meminimalisir kendala agar tidak terjadi kendala saat proses pembuatan video.

  • Gunakan laptop atau PC karena aplikasi powtoon ini cukup sulit jika diakses menggunakan smartphone.
  • Anda perlu memastikan bahwasannya jaringan benar-benar stabil.
  • Anda perlu menggunakan video dengan kualitas HD agar video tidak pecah saat disimpan.
Jasa Pembuatan Poowton


Kelebihan Aplikasi Powtoon

Aplikasi powtoon itu sendiri sangat menarik digunakan oleh kalangan manapun untuk meningkatkan semangat dalam pembelajaran maupun presentasi. Adapun kelebihan dari aplikasi powtoon.

  1. Aplikasi powtoon mencakup segala aspek indera berbagai media
  2. Aplikasi powtoon memiliki fitur yang sangat interaktif
  3. Penggunaan aplikasi powtoon sangat praktikal
  4. Aplikasi powtoon ini termasuk aplikasi yang kolaboratif
  5. Aplikasi powtoon dapat digunakan dalam kelompok besar
  6. Aplikasi powtoon lebih bervariasi
  7. Aplikasi powtoon memiliki fungsi memberikan maklumbalas
  8. Aplikasi powtoon mampu memotivasi pengguna

Kekurangan Aplikasi Powtoon

Selain kelebihan, aplikasi powtoon juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya sebagai berikut.

  • Sangat bergantung pada sambungan internet
  • Perlu disesuaikan antara keperluan perisian dan perkakasan
  • Memerlukan kemahiran asas untuk menggunakan aplikasi powtoon

Nah, demikian pembahasan mengenai cara mudah dalam membuat video menggunakan aplikasi powtoon. Jika Anda terhalang waktu sehingga tidak sempat untuk membuat video pembelajaran ataupun presentasi alternatifnya adalah Anda dapat mencari dari berbagai sumber dan tempat mengenai jasa pembuatan powtoon.

Jadi kapan Anda akan mencoba menggunakan aplikasi powtoon? Semoga artikel yang disajikan ini mudah dipahami, dapat menambah pengetahuan pembaca, dan semoga bermanfaat.

Bagi kalian yang membutuhkan jasa pembuatan powtoon dapat segera menghubungi kontak kami di

WA: 081229136836

Email: cahayacontentwriter@gmail.com

Next Post Previous Post