Rabu, 04 September 2019

Bagaimana Cara Membuat Artikel SEO yang Benar dan Enak Dibaca?

Ilustrasi proses pembuatan artikel via Pixabay



Cahayacontentwriter.com - Algoritma Google tiap tahun mengalami transformasi. Aturan pengindekan pada Google akan terus berubah mengikuti dinamika pemakaian internet di dunia. Mengapa demikian? Apa yang perlu disikapi dengan perubahan algoritma Google itu? Mari kita lihat sejenak, pada 3 hingga 5 tahun yang lalu, master blogger, internet marketer, dan master publishing biasa menulis artikel SEO dengan meletakan key word bertumpuk. Key word itu ditulis pada bagian footer artikel untuk memancing pengindekskan artikel secara cepat. Makannya gak jarang, kita sering menemukan penumpukan nama lokasi atau kota di sebuah artikel yang direpetisi terus menerus.

Beberapa repetisi itu memuat key word yang dibidik. Kalau artikel mengulas mengenai “jasa buat kolam renang di Jakarta”, maka key word tersebut akan diulang-ulang beberapa kali hingga aspek kelogisan berbahasa dalam artikel terabaikan. Gaya kepenulisan SEO yang semacam ini memang efektif meningkatkan traffic, tapi disisi lain membuat dekostruksi kelogisan berbahasa. Artikel menjadi susah dicerna. Artikel cenderung mengarah kepada pleonasme, istilah yang mengarah pada pemborosan kata. Sebuah artikel yang membingungkan tentunya.

Google jelas tak mau ambil pusing dengan gaya penumpukan key word yang semacam ini. Google juga tak mau mengorbankan kemudahan pembacaan artikel dengan mempertahankan algoritma penumpukan key word. Maka dibuatlah algoritma Google baru yang memuat teknik-teknik SEO tanpa penumpukan key word dengan tujuan mengembalikan tingkat readability artikel. Maka dikenalah istilah leksikon and semantik key word, sebuah teknik SEO baru dalam artikel yang menekankan pada kemurnian key word dimana key word harus di masukan ke dalam artikel secara senatural mungkin.

Dengan perubahan algoritma Google yang semacam ini, timbul pertanyaan mengawang-awang dalam pikiran: bagaimana cara membuat artikel SEO yang benar dan enak dibaca? Mari, kita pelajari. Setidaknya ada beberapa cara membuat artikel SEO yang benar dan enak dibaca sesuai dengan rumusan Cahaya Content Writer.

Pemilihan Style House yang Tepat

Menelusuri literatur bagaimana cara membuat artikel SEO yang benar dan enak dibaca sepertinya akan timbul bias cognitif, terutama dalam praksis style house. Cara kasaranya, enak dibaca atau tidak sebuah artikel terletak pada gaya bahasa dan diksi yang dipilih. Dalam dunia post-jurnalis, ada tiga aliran gaya kepenulisan. Gaya kepenulisan populer, semi-populer, dan resmi-ortodoksi.

Tiap jasa content writer di Indonesia mempunyai faksi style house-nya masing-masing. Cahaya Content Writer bersama Kontenindo mewakili faksi populer, Fastwork mewakili faksi semi populer bersama Sahabat Artikel. Lalu lebih bagus mana gaya kepenulisan yang tepat untuk artikel? Gaya kepenulisan pada artikel yang tepat disesuaikan dengan topik bahasan artikel yang diangkat. Jika artikel bertemakan dan membahas dunia akademis maka style house resmi-ortodoksi bisa dipilih.

SEO yang Berdasarkan dengan Pendekatan Kontekstual

Teknik penumpukan key word pada artikel tanpa mempertimbangkan aspek kontekstual pada kalimat  sudah dianggap spam oleh algoritma Google. Sebagai gantinya, key word yang di masukan ke dalam artikel harus bertahap mengikuti sub-header dalam sebuah artikel. Kelogisan semantik menjadi keharusan pada artikel SEO agar ramah terhadap SERP Google.

Pemilihan Key Word Diriset Melalui Google Key Word Planner

Bagaimana cara membuat artikel SEO yang benar dan enak dibaca selanjutnya yaitu perlunya penggunaan tools Google key word planner untuk meriset kata kunci tertentu yang paling banyak dicari. Riset kata kunci bisa melalui tools Google key word planner dan beberapa tools pengukur tingkat ke viralan sebuah key word lainnya. Riset key word sangat diperlukan agar pengindeskan artikel di Google bisa lebih cepat.

Memberikan Deskripsi Pada Tags Gambar

Metode membuat artikel SEO yang benar dan enak dibaca lain yaitu dengan memperhatikan tags pada gambar main post. Masukan key word utama pada tag gambar yang akan dipublish. 

Pemakaian Diksi Pembatasan Agar Bisa Menjaring Target Pemasar

Saat buat artikel dengan nice review produk, kita sering mendengar bagaimana cara membuat artikel SEO yang benar dan enak dibaca dengan pemilihan diksi yang renyah. Ya pada artikel review produk, sangat disarankan menggunakan diksi renyah. Sebab pembaca artikel review produk dari beragam kelas. Menggunakan diksi yang tepat menjadikan calon pembeli lebih tergoda untuk membeli produk yang diulas lewat artikel.

Agar traffic yang didapatkan lebih tinggi. Pada artikel review produk perlu menambahkan diksi jual pada target artikel yang dituju. Penggunaan diksi beli, murah, berkualitas, awet, dan mudah dirawat menjadi diksi utama yang harus ada pada artikel review produk. Sebagai misal “jual” alat pemadam kebakaran di Jakarta “berkualitas”. Dalam contoh artikel yang lain :” beli” alat vacum cleaner “termurah” di Jakarta. Nah, gaya artikel yang semacam itu menjadi key word yang wajib pada artikel review produk.

Memasukan Link Website Sendiri ke Dalam Artikel

Cara membuat artikel SEO yang benar dan enak dibaca berikutnya yaitu dengan memasukkan link website pada bagian header artikel. Pemasukan link website cukup efektif untuk mengemulsi SERP Google agar artikel-artikel yang diproduksi dapat cepat terindeks.

Memperbanyak Tanda Baca Titik dan Koma

Bagaimana cara membuat artikel SEO yang benar dan enak dibaca melalui penggunaan tanda baca? Mudah saja. Perlu banyak penggunaan tanda baca titik dan koma. Pemakaian tanda baca titik dan koma bertujuan untuk memberikan jeda pada pembaca untuk bernafas, mengolah bacaan, dan mengonfirmasi gagasan artikel yang dibaca. Cara ini cukup efektif untuk membuat artikel dengan tingkat readabilty tinggi. 

Membuat Artikel dengan Alinea Pendek-Pendek

Bagaimana cara membuat artikel SEO yang benar dan enak dibaca melalui pemakaian alinea yang tepat? Caranya cukup mudah. Buatlah artikel dengan alinea pendek-pendek. Setiap alinea maksimal terdiri dari 3 tanda baca titik. Jangan membuat artikel dengan tanda baca titik lebih dari tiga dalam satu alinea.
Keterbatasan frame layar smartphone yang dipakai untuk mengakses artikel membuat artikel harus dibuat dengan paragraf pendek. Cara ini cukup efektif agar keterbacaan pada sebuah artikel dapat tinggi.

Gunakan Tools SEO YOAST dan Sejenisnya

Dalam pembuatan artikel SEO sudah banyak beragam tools Wordress yang bisa mengukur tingkat SEO pada konten artikel. Tools itu bernama SEO YOAST. Menggunakan tools tersebut Anda bisa mengukur tingkat SEO dan readabilty terkait konten yang akan dipublish. 

Demikianlah ulasan artikel bagaimana cara membuat artikel SEO yang benar dan enak dibaca. Beberapa teknik belum disampakain dalam artikel ini, ke depan akan menyusul. Teknik ini juga digunakan di Cahaya Content Writer. Bagi Anda yang tertarik untuk pesan artikel di Cahaya Content Writer berikut price list harga pembuatan artikel pro yang bisa dipilih.

Harga Jasa Buat Artikel Profesional di Jakarta di Cahaya Content Writer Bisa Diakses Dengan Harga Murah

1000 kata: 27 ribu
900 kata: 24 ribu
800 kata: 22 ribu
700 kata: 20 ribu
600 kata: 18 ribu
500 kata: 15 ribu
400 kata: 13 ribu
300 kata: 10 ribu

Bagi Anda yang ingin segera memesan layanan buat artikel di Jakarta Barat di Cahaya Content Writer. Segera saja Anda hubungi kontak kami melalui nara hubung sebagai berikut:

Hubungi Layanan Whatsapp Buat Artikel di Jakarta Barat: 085325442932 CS (Lutfi Aminuddin)
Layanan pembuatan artikel email: cahayacontentwriter@gmail.com
Situs web: www.cahayacontentwriter.com

SHARETHIS